Senin, 17 Februari 2014

Menggunakan kata-kata sinonim untuk membuat puisi

Sinomim adalah persamaan arti kata. Atau sinonim adalah dua kata atau lebih yang bentuknya berbeda namun namun mempunyai arti yang sama atau hampir sama.

Dalam puisi kata sinonim sangat di perlukan, gunanya adalah untuk menambah kesan keindahan dalam kata. Dengan melihat kata sinonim pun membuat puisi bisa menjadi lebih mudah.

Cara menyusun puisi dengan menggunakan kata sinonim adalah sebagai berikut:

1. Buatlah puisi sederhana dengan bahasa biasa saja
2. Rubahlah kata-kata yang kurang indah dengan kata sinonimnya yang terkesan indah
3. Koreksilah puisi bila sudah jadi

Perhatikan contoh puisi berikut ini:

Rindu ibu

Aku rindu kepadamu ibu
Selama tiga minggu aku tak pulang
Kerinduanku pun terbawa mimpi
Bertemu dengan mu ibu ku terkasih

Waktu malam kadang aku menangis
Merasakan rindu yang tak pernah habis
Tapi aku harus sabar menanti
Aku akan pulang saat liburan nanti

Puisi diatas sebenarnya sudah bagus, namun akan lebih bagus jika sebagian kata-katanya ada yang kita ganti dengan kata sinonimnya yang lebih indah. Puisi diatas di rubah menjadi:

Rindu bunda

Keriduan kepadamu bunda
Selama tig pekan ku tak bertandang
Kerinduanku pun menjelma jadi mimpi
Bertemu denganmu ibundaku terkasih

Kala malam kadang aku menangis
Menahan rindu yang tak pernah kikis
Tapi aku harus sabar menanti
Aku akan pulang saat liburan nanti

1 komentar: